Popular Post

Posted by : Imedia9.net Tuesday, June 19, 2012


  “Si kancil anak nakal, suka mencuri ketimun. Ayo lekas diburu, jangan diberi ampun!” kurang lebih begitulah lirik lagu yang diambil dari dongeng si kancil. Dalam dongeng tersebut diceritakan jika si kancil telah mencuri ketimun dari kebun seorang petani. Namun berkat kelicikannya (baca: cerdik) si kancil berhasil lolos dan membuat sang petani geram bukan kepalang.

Sejak kecil saya selalu beranggapan jika si kancil adalah binatang yang pintar dan cerdik. Namun seiring bertambahnya usia, saya mulai menyadari jika dongeng si kancil sebenarnya adalah dongeng yang memiliki pengaruh buruk. Hampir seluruh cerita tentang si kancil lebih menitikberatkan pada bagaimana dia berhasil lolos setelah melakukan sebuah ‘kejahatan’. Tidak heran jika beberapa organisasi perlindungan anak mulai melarang orang tua menceritakan tentang dongeng si kancil. Kuat dugaan jika cerita itulah yang menjadi faktor utama lahirnya ratusan koruptor ‘cerdik’ di negara kita.

Sebagai salah satu manusia yang dibesarkan oleh dongeng si kancil, jujur saya sangat terpukul mengetahui kenyataan ini. Ternyata selama ini saya telah mengidolakan seekor binatang yang jahat. Sampai suatu hari, saya menemukan sebuah fakta yang sangat mengejutkan. Ternyata kancil tidak menyukai ketimun!

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Djalal Rosyidi, Mahasiswa S3 Program Studi Ilmu Ternak Ilmu Pertanian Bogor (IPB) diketahui jika kancil lebih menyukai pisang, dan ubi ketimbang ketimun. Sebagai salah satu hewan pemamah biak primitif, kancil memiliki lambung yang hanya terdiri dari tiga ruang. Hal ini membuatnya sangat selektif dalam memilih makanan. Di sisi lain, ketimun mengeluarkan getah serta bau yang tak disukai kancil. Ketimun juga tergolong keras sehingga tidak cocok dengan bentuk lambung kancil yang sederhana.

Fakta ini sontak membuat pandangan saya terhadap si kancil (lagi-lagi) berbalik 180 derajat. Jika seekor kancil tidak menyukai ketimun, lalu apa mungkin dia mau repot-repot mencuri ketimun? Tidak perlu menjadi seorang detektif Conan untuk mengetahui kalau ada yang salah pada cerita si kancil yang selama ini kita dengar.

Berdasarkan keyakinan itu, serta keinginan untuk mengubah image si kancil menjadi lebih baik, saya pun mencetuskan proyek yang dinamakan Kancil Saga. Sebuah cerita tentang seekor kancil bernama Kiky yang lucu, cerdik, sedikit bandel dan sangat pemberani. Semoga cerita ini bisa mengubah image tentang si kancil yang selama ini kita kenal dan menjadikannya sosok pahlawan yang pantas untuk dijadikan idola.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. saya dukung perjuangannya memperbaiki kualitas dongeng Indonesia.

    ReplyDelete

- Copyright © Kiky Si Kancil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -