Popular Post

Posted by : Imedia9.net Wednesday, June 20, 2012

Dalam rangka mempromosikan blog ini, gue sempet kontak2an sama temen gue yang punya kenalan artis/modeler 3D. dan begitu dapet, langsung deh gue tembak keinginan gue (yang dengan pedenya) gue juga bilang siap bayarin untuk bikin trailer dengan durasi 30 detik.

Rada lama juga respon yang gue dapet. Dan ini adalah cuplikan dari imel yang gue terima:

mas rikman, maaf baru bales, lagi rada2 ribet di studio uy, hehe..

kira2 mau 3D g trailer si kancil saga ini? ato mau tetep 2D?
kita butuhnya gambar si karakter kancil dan macan berbagai tampak, kaya tampak samping depan blakang atas, biar bisa bikin modelnya.. 

buat harganya klo 2D 325.000/ detik
3D 550.000/detik
minimum 30 detik bt satu scene, udah harga sodara dan harga bandung ko, harga jkt lebih mahal, hehee, boleh disurvey..

makasih mas, soga harganya cocok..



Lo bisa ngebayangin nggak ekspresi muka gue waktu itu? Persis kek gini!



Bayangin, untuk bikin trailer animasi 3D sepanjang 30 detik dengan mengacu pada tarip di atas, gue mesti keluarin kocek 16 jutaan. GILA KAN? Pantesan studio 3D di Indonesia pada ga berkembang. Karena ga ada sponsor yang berani biayain semahal itu. 

Dan lagi setelah gue teliti (gue minta dibikinin trailer ga cuma ke satu sumber), semua artis 3D punya problem yang sama. Mereka semua butuh gambar TAMPAK DEPAN, dan TAMPAK SAMPING. Aha! Ini jadi sebuah clue buat gue. Beruntung gue pernah belajar Blender jadi tahu dikit soal ini.


Err... bukan blender yang ini. Tapi Software Blender. Salah satu software pembuatan graifs 3D berbasis open source. Rupanya dalam membuat objek 3D yang sulit adalah membuat objek awalanya, karena itu memang pekerjaan "BATIK" banget. Kudu ulet dan telaten. (Jadi kalo lo manusia bakalan susah. Mesti berubah wujud jadi ulet dulu, hehehe)

Atas dasar itulah, gambar bikinan Okky gue permak sana sini untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hasilnya cekidot!





Oke, gue tahu gambarnya emang jelek. Tapi bukan itu  permasalahannya. Dua gambar ini adalah dasar untuk pembuatan objek di Blender (atau software 3D mana pun). Sehingga kalo model udah jadi, tinggal menganimasikannya saja. Dua tahap itu, bikin model + animasi cukup sulit loh. Gue aja langsung pusing tujuh keliling pas baca tutorialnya.

Jadi kesimpulannya, karena dua gambar tampak samping dan depan sudah gue bikin, adakah di antara anda semua yang berjiwa mulia dan mau bikinin trailer kancil saga dengan gratis? Pliiiiiis.... T_T (memohon dengan nista)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kiky Si Kancil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -