Popular Post

Posted by : Imedia9.net Friday, July 6, 2012

Sebagai salah satu orang yang ingin berkecimpung di dalam dunia kepenulisan genre anak-anak, mau ga mau saya mesti belajar mewarnai. Karena salah satu genre yang pengin saya buat adalah buku ilustrasi atau istilah kerennya illustrated-book. Sebenernya sih dari dulu cita-citanya pengin jadi komikis tapi berhubung ga bisa gambar jadi aja milih jadi novelis. (kalau komikus pasangannya sama novelus).
Ngomong-ngomong soal mewarnai, hampir seluruh ilustrasi kancil saga saya yang ngewarnain. Kecuali cover. Skill saya soalnya belum nyampe untuk bisa bikin pecel-art yang keren. Pada penasaran ga sih gimana ceritanya, asal muasalnya, awal mulanya, itu ilustrasi kancil saga bisa jadi kinclong keren? Nih gue bongkar deh. Awalnya mbak Okky ngasih gue ilustrasi begini:

Gue nggak tahu dia gambar pake apaan. Yang jelas pas nyampe warnanya coklaaat. Kayaknya dia emang demen ngemil coklat. So, saya ubah warnanya jadi item. Biar keren. Kemudian langkah selanjutnya adalah memisahkan gambar2 outline ini sehingga masing-masing objek punya warna outline yang khas. (Ini nih proses paling ribet yang bikin gue pegel sangat!) Hasilnya seperti ini:
Udah keliatan keren? Banget. Dan langkah selanjutnya adalah memberi warna dasar. Ini termasuk langkah yang gampang-gampang ribet karena kudu teliti dan pas ngewarnain jangan terlalu nyebrang ke outlinenya. Itu teori. Tapi pada praktekna, banyak banget hasil warna gue yang pada 'nyebrang'. Hahaha, dasar amatir.. amatir. Hasilnya kek gini nih:

Makin cihui aja kan? Kemudian lakukan sentuhan sana sini. Tambahin warna acak-acakan. Buat kreasi abstrak  untuk bayangan, cahaya dan bla-blanya. Termasuk, yang paling penting, tanda tangan
"Roedavan & Okky" yang selalu nongol di pojok kiri atau kanan gambar. Dan hasilnya seperti ini:

Untuk ngewarnain sampai jadi begini butuh waktu 1-2 jam. Gila kan? Capek banget. Tapi gue puas juga dengan hasilnya. At least, biar pun bukan anak Desain Komunikasi Visual, gue bisa lah ngewarnain untuk level cupu mah. Dan berhubung ini artikel soal Coloring In 3D, gue kemarin abis baca artikel soal coloring nih. Dan artikel ini ngasih beberapa teknik untuk membuat hasil pewarnaan kita pada gambar kartun bisa jadi berefek 3D. WOW! Dahsyat kan? Akhirnya, seharian gue di kantor (iya gue malah ngewarnain di kantor bukannya kerja, hehehe), sibuk coba-coba ngewarnain dalam format 3D. Penasaran nggak dengan hasilnya? Cekidot!





Weits! Mantap gila kan? Waduh, jadi langsung kepikiran nih. Gimana kalau semua art yang udah ada saya coloring ulang dalam bentuk 3D? Cihui nggak tuh? Nah, gimana menurut pendapatmu? 



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kiky Si Kancil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -