Popular Post

Posted by : Imedia9.net Thursday, November 1, 2012

Banyak orang yang nanya ke gue (sebenernya ga banyak sih, itu cuma kalimat pembuka aja biar gue bisa bikin artikel ini, hehehe). Sebenernya gimana sih caranya ilustrasi si kancil dibuat? Buat elo-elo semua yang udah biasa berkecimpung ke kampung-kampung, maksudnya, udah biasa berkecimpung di dunia tulis menulis dan gambar menggambar, pasti udah ga asing lagi dengan hal ini. Apalagi buat penulis yang spesialis cerita anak. Pasti udah paham bener dah soal ginian. Terus ngapain gue bikin artikel ini? Ini artikel khusus buat lo yang belum tahu. Jadi sekarang mau gue kasih tahu. Seperti apakah kiranya, gambar ilustrasi Kiky si kancil bisa demikian elok, indah, dan aduhai (pret!)
Tahap 1: Gambar Abal-Abal
Setelah ceritanya selesai, gue coba-coba cari bagian mana yang menarik dalam cerita itu dan membuatkan gambar abal-abal. Fungsinya untuk membantu mbak Okky dalam membayangkan, gambar kayak apa sih yang pengin gue bikin. Kayak gini:


Tahap 2: Sketsa 
Setelah gambar abal-abal jadi, mbak Okky mencoba membuat sketsa awal dari gambar tersebut. Beberapa ilustrator menyebut sketsa sebagai gambar yang memiliki "semangat".


Tahap 3: Lineart

Setelah sketsa selesai, bagian paling penting selanjutnya adalah membuat Lineart. Yaitu merapikan apa yang sudah dibuat pada sketsa. Jika bagian ini sudah selesai, mbak Okky akan langsung mengirimkannya ke gue buat diwarnain.


Tahap 4: Re-Coloring Lineart
Tahap selanjutnya adalah Re-Coloring Lineart. Yaitu memberi warna yang berbeda pada setiap garis. Perlu diperhatikan, mbak Okky menggambar semuanya dengan menggunakan tangan pada tablet. Sehingga warna tintanya hanya satu. Kalau nggak item, ya coklat. Dan ini hasilnya setelah Lineart di  warnai ulang.


Tahap 5: Coloring
Tahap selanjutnya adalah mewarnai. Dan merupakan salah satu tahap yang paling banyak menyita waktu. Selain di rumah, gue juga kadang mewarnai gambar-gambar ini kalao lagi agak senggang di kantor.


Tahap 6: Finishing
Dan tahap terakhir adalah tahap finishing yang terdiri dari memberikan efek cahaya dan bayangan. Untuk tahap ini, gue mulai coba mempraktekkan efek embos dengan tool blur dan dodge supaya bayangannya rada keren. Kek gambar-gambar 3D gitu, hehehe
Gambar ilustasi Kiky si kancil pun berhasil dibuat. Horeeeee!



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kiky Si Kancil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -