Popular Post

Posted by : Imedia9.net Wednesday, November 7, 2012

Oke, judul postingannya emang rada serem. Tapi sebenernya ga seserem itu, menyenangkan malah.  Buat yang belum tahu, beberapa hari yang lalu pihak KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) telah menghubungin saya berkaitan dengan naskah Kancil Saga yang telah saya kirim beberapa bulan yang lalu. Setelah melakukan koordinasi awal, saya pun pergi ke Jakarta ditemani kakak + kakak ipar saya. Kejam banget kan? Demi misi sang kancil, saya sampai harus memaksa kedua kakak saya itu untuk cuti dari kantornya. Bukannya apa-apa sih, masalahnya, saya kalau ke Jakarta sendirian pasti nyasar. Jadi mendingan minta di antar. Pertama, pasti nyampe (karena kakak ipar saya dulunya emang orang Jakarta). Dan kedua, gratis, hehehe. Dan itu adalah faktor utama. 
Kami bertiga berangkat dari Bandung tepat pukul 7 pagi, dan tiba di Jakarta sekitar jam 10. Gedung Kompas Gramedia yang terletak di jalan Palmerah Barat ternyata gede juga ya? Dan gedung itu tenyata berisi lebih dari satu lini penerbit. Dan KPG yang saya incer ada di lantai 3,. Saya pun di sambut oleh bu Ratna sang editor dan kami pun langsung terlibat perdebatan sengit, hehehe.

Bu Ratna: "Kami tertarik dengan Kiky si kancil. Namun ada satu hal yang mengganjal yaitu bekas luka berbentuk petir. Karena itu mengingatkan pada Harry Potter. Bisa dihilangkan tidak?"

Rickman: *sambil cengengesan* "Oh, bisa banget bu. Lagipula tugas dari bekas luka berbentuk petir itu kan sudah selesai. Saya sengaja membuat bekas luka itu, semata-mata sebagai siasat supaya saya bisa dipanggil penerbit. Dan hasilnya, siasat saya berhasil kan?"

Bu Ratna bengong beberapa saat lalu kami semua tertawa. Ah, rupanya itulah misi dari bekas luka ala Harry Potter sebenarnya. 

Saya & Bu Ratna Di Ruang Tamu Editor KPG

Dalam pembahasan tersebut, bu ratna sempat juga memberikan kepada saya beberapa buah contoh buku anak-anak yang akan diterbitkan oleh KPR. Jadi kira-kira, kancil saga ntar kalau terbit bentuknya juga bakalan kayak gitu (Aamiin). Diskusi sempat diwarnai promosi terselubung oleh kakak ipar saya yang bekerja di Microsoft. Maklum, Windows 8 kan lagi rilis tuh, jadi aja si teteh malah ga tahan untuk segera berjualan, hehehe.

Bu Ratna: "Gaya bercerita mas Rickman sudah baik. Hanya saja cerita si kancil ini masih ada yang kurang. Yaitu saya tidak menemukan benang merah antara satu cerita dan cerita yang lain."

Rickman: "Loh? Saya kan memang ingin membuat si kancil dalam buku berseri. Ya, buku-buku cemen buat anak-anaklah..." 

Bu Ratna: "Gimana kalau si Kancil dibikin trilogi dan digarap dengan lebih serius?"

Rickman: "Hah?"

Sumpah gue kaget setengah mati. Ga nyangka kalau tim Editor malah berharap cerita Kiky si kancil ini dibuat ke arah yang lebih 'serius'. Dalam artiannya, cerita per bukunya lebih panjang, lebih seru dan tetap menggusung kepahlawanan si kancil yang selama ini dicap buruk oleh sebagian orang tua. Dan yang paling menohok adalah mereka meminta saya untuk membuatnya dalam bentuk TRILOGI!!! Gile kan? Ini request dari penerbit loh! Bukan gue sendiri yang berniat/berhasrat/berambisi untuk membuat sebuah trilogi. Jadi request ini bener-bener SUPER SEKALII!! Alhamdulillah ya?

Di satu sisi, ini adalah sebuah pintu yang sangat terbuka lebar bagi gue untuk menjad seorang penulis yang ganteng, lucu, imut dan menggemaskan, hehehe. Di sisi lain, ini merupakan pekerjaan yang sangat berat karena itu berarti saya harus membuat ulang seluruh cerita dengan tetap mengandalkan karakter Kiky si kancil yang sepertinya telah mencuri hati para editor, hehehe. Tapi bedanya, kali ini saya ga bekerja sendirian. Tim editor dan tim ilustrator KPG siap membantu langkah saya dalam mencapai cita-cita. Untuk menjadi seorang penulis ganteng, lucu, imut dan menggemaskan (did I had mention this before?)

Anyway, project Kancil Saga (Parodi Harry Potter) dengan ini resmi saya nyatakan DI TUTUP! 
Sebagai gantinya, project baru Kancil Saga (Laskar Mustafa) DI MULAI!

NB: 
Terima kasih banyak buat bu Ratna yang telah banyak memberi saran, masukan, dan membimbing saya untuk kembali ke jalan yang benar, hehehe

Kancil Saga - The New Adventures Is Just Begin...


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kiky Si Kancil - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -